Pertemuan 5: Komputer dan Pemerintahan



E-Government

Pesatnya perkembangan teknologi internet sangat berpengaruh terhadap pola hidup masyarakat. Hadirnya teknologi internet semakin memudahkan masyarakat dalam berbagai macam aktifitas.

Bidang pemerintahan dalam hal ini pemerintah sudah menggunakan teknologi untuk mempermudah masyarakat mengenal dan terutama pemanfaatan teknologi dibuat guna melayani masyarakat secara luas. Dengan menggunakan teknologi sebagai alat pengolahan data, pemerintah dapat mengolah data seperti data penduduk, kesehatan, tenaga kerja, dan sebagainya. Pemerintah menggunakan komputer untuk menangani masalah administrasi.

E-government merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah untuk melayani masyarakat secara online. Aplikasi ini memungkinkan pelayanan publik terjadi begitu intens karena bersifat online. Penyederhanaan birokrasi terjadi karena untuk menyampaikan ide, keluhan masyarakat tidak harus mengantri. Terjadinya komunikasi yang dilakukan pada warga dengan pemerintah ataupun sebaliknya, adanya peningkatan efisiensi pada suatu organisasi, tentunya dapat menghemat pembayaran pajak. Layanan publik online merupakan salah satu hasil dari penerapan e-government. Masyarakat dengan mudahnya melaporkan suatu keluhan ataupun keresahan yang terjadi pada lingkungan.


Pemicu Utama E-Government

Negara Indonesia terhitung terlambat dalam menerapkan dan mengembangkan bentuk pelayanan e-government ini dibandingkan dengan negara maju.Beberapa faktor penyebabnya antara lain :

1. Besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

2. Sistem administrasi sedang dalam proses pengembangan.

Perkembangan aplikasi di negara maju sangat cepat. Cepatnya perkembangan aplikasi komputer tersebut sudah mulai menimbulkan masalah untuk negara-negara tersebut sehingga hal tersebut merupakan hal serius sehingga diperlukan perhatian khusus untuk menangani hal tersebut. Berbeda dengan Indonesia yang perkembangannya cukup pelan dan belum menimbulkan masalah yang butuh penanganan khusus.


Strategi Pengembangan E-Government

Strategi pada e-government dikerjakan dalam 6 strategi, diantaranya :

- Sistem pelayanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas dan dapat dipercaya.

- Pengembangan industri telekomunikasi dan teknologi informasi, harus mengikut sertakan dunia usaha.

- Sistem manajemen pada proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah otonom secara holistik.

- Dalam pengembangan industri telekomunikasi dan informasi, dunia usaha harus memanfaatkan teknologi.

- Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan-tahapan yang realistis dan terukur.

- Pengembangan kapasitas SDM ditubuh pemerintah pusat dan daerah yang disertai dengan meningkatnya e-literacy masyarakat.





0 comments:

Posting Komentar

Pertemuan 5: Komputer dan Pemerintahan